Beranda / Berita / Sukses Besar Kegiatan PIN Polio
Sukses Besar Kegiatan PIN Polio
Kamis 18 Januari 2024

Sobokerto, 18 Januari 2024 – KKN-PPM UGM Sub-Unit Sobokerto turut serta dalam pelaksanaan Program Imunisasi Nasional (PIN) Polio di tujuh lokasi di Sobokerto. Penyelenggaraan PIN Polio ini dilakukan secara serentak di Posyandu yang tersebar di berbagai desa, melibatkan masyarakat sekitar, dengan tujuan utama untuk mengurangi risiko penularan virus polio dari negara lain.

Acara PIN Polio di Sobokerto dilaksanakan di beberapa lokasi strategis, termasuk Jatisari (Posyandu Barokah), Sobokerto (Posyandu Kuncup Mekar), Tawangrejo (Posyandu Puspasari 2 dan 3), Gentan (Posyandu Kartini), Tempel (Posyandu Puspasari 1 dan 5), Turunan (Posyandu Puspasari 4), dan Cengklik (Posyandu Ngudi Waras - Ngudi Rukun).

PIN Polio sendiri merupakan pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita, tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Kegiatan ini difokuskan pada bayi berusia 0-59 bulan. Selain mendapatkan perlindungan melalui imunisasi polio, setiap anak juga diberikan makanan bergizi.

Dalam pelaksanaan PIN Polio di Sobokerto, KKN-PPM UGM Sub-Unit Sobokerto berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio mencapai tingkat yang cukup tinggi. Partisipasi aktif dari masyarakat diharapkan dapat memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita, sehingga kemungkinan munculnya kasus polio dapat diminimalkan.

Melalui kegiatan ini, KKN-PPM UGM Sub-Unit Sobokerto berusaha memberikan kontribusi nyata dalam upaya pencegahan penyakit polio, serta memperkuat hubungan yang harmonis antara mahasiswa KKN-PPM dan masyarakat desa setempat. Semangat gotong royong dan kebersamaan diharapkan dapat menjadi landasan bagi keberlanjutan upaya kesehatan masyarakat di masa mendatang.

BERITA LAINNYA
Jalan Sehat & Senam
Kamis 24 Februari 2022
Pembuatan Jahe Instan
Kamis 10 Februari 2022
Gabah Petani Diburu Penebas
Selasa 2 Januari 2018
Embung Tekan Kekeringan
Selasa 2 Januari 2018
Solusi Pertanian Warga
Kamis 3 Agustus 2017
Gorong Lancar Sampah Tak Telantar
Kamis 3 Agustus 2017
Musyawarah Kemajuan Desa
Kamis 3 Agustus 2017